Merambah Pasar Global dengan Truk Pemadam Kebakaran

Dunia internasional ternyata tidak hanya mengenal Indonesia sebagai negara tetapi juga mereka mengenal Indonesia sebagai pemasok produk berteknologi tinggi seperti berbagai jenis mesin, peralatan elektronik, kendaraan bermotor dan lain-lain. Memang harus diakui bahwa selama ini belum banyak produk berteknologi dari Indonesia yang sudah dikenal para pengguna di luar negeri, namun setidaknya ada beberapa jenis produk yang kini mulai mencuat ke permukaan.



Salah satu produk berteknologi tinggi itu adalah mobil pemadam kebakaran berikut peralatannya yang diproduksi oleh PT New Sentosa International, sebuah perusahaan swasta nasional yang produknya kini sudah banyak dipergunakan oleh pengguna lokal maupun internasional.
PT New Sentosa International yang berkantor di Ruko Cempaka Mas Blok B No. 10, Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat itu memiliki fasilitas produksi yang berlokasi di Kalibening, Magelang, Jawa Tengah. Seluruh kegiatan produksinya dilakukan oleh tenaga kerja terampil putra putri Indonesia mulai dari
perancangan awal (penyusunan desain) sampai sentuhan akhir (finishing touch).

Selain itu, bahan (material) yang digunakan pun sebisa mungkin menggunakan produk buatan dalam negeri, kecuali beberapa komponen seperti mesin kendaraan dan mesin pompa yang sejuah ini masih menggunakan mesin buatan luar negeri. Dengan demikian, seluruh kendaraan pemadam kebakaran buatan PT New Sentosa International memiliki tingkat kandungan lokal yang tinggi, yaitu di atas 80%. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1997 oleh Bambang Eddy Santoso itu telah memasok berbagai jenis mobil pemadam kebakaran kepada pihak pengguna di dalam negeri, baik perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

Perusahaan juga sudah mengekspor puluhan mobil pemadam kebakaran beserta peralatan pemadam kebakaran buatannya ke berbagai negara di dunia seperti Bangladesh, Vietnam, Jepang, Tanzania, Sudan, Nigeria dan Inggris.
dengan pengalamannya yang cukup luas dalam rancang bangun mobil pemadam kebakaran dan peralatannya, sejak tahun 1999 PT New Sentosa International telah ditunjuk menjadi agen Schlingmann, satu perusahaan produsen mobil dan peralatan pemadam kebakaran terbesar di Eropa asal Jerman.

Schlingmann memproduksi truk pemadam kebakaran, pompa dan peralatan keselamatan berstandard internasional. Pada tahun 2004, PT New Sentosa International juga ditunjuk menjadi agen tunggal sebuah perusahaan serupa dari Polandia, Gliwickie Zaklady Urzadzen Technicznych S.A. untuk penjualan ekspor produk truk pemadam kebakaran, pompa dan peralatannya di pasar Asia.

Kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk kendaraan pemadam kebakaran berikut peralatannya itu menjadi komitmen yang dipegang teguh manajemen PT New Sentosa International. Dengan mengutamakan kepuasan pelanggan itulah PT New Sentosa International berhasil meraih pelanggan di tanah air maupun mancanegara. Bahkan, para pembeli asing yang sudah mencoba menggunakan produk PT New Sentosa International sudah beberapa kali melakukan repeat order (pemesanan kembali) produk pemadam kebakaran kepada PT New Sentosa International.

Beberapa jenis produk pemadam kebakaran yang diproduksi PT New Sentosa International diantaranya adalah Fire Fighting Truck dengan tipe NS SS 3000, SS 4000 dan SS 5000; Airport Crash Tender (mobil pemadam kebakaran yang khusus digunakan di bandara); Portable Fire Pump (pompa air untuk pemadam kebakaran yang bisa dibawa kemana-mana); Floating Pump (pompa air yang dapat digunakan secara terapung di atas air); Backpack Pump (pompa air yang dapat digunakan sambil digendong di punggung petugas pemadam kebakaran); serta Fire Ladder (tangga pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan pompa dan berlengkapan lainnya).

Selain memproduksi kendaraan (truk) pemadam kebakaran beserta peralatan pemadam kebakaran lainnya dengan menggunakan desain sendiri, PT New Sentosa International juga menerima pesanan pembuatan pemadam kebakaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan.

Dalam hal ini PT New Sentosa International dapat membuat truk pemadam kebakaran sesuai dengan keinginan pelanggan, seperti mesin atau chassisnya adalah mesin atau chassis Isuzu, Mitsubishi, Hino, Nissan, Mercedes Benz, Toyota atau Suzuki. Demikian juga dengan peralatan pemadan kebakaran lainnya seperti mesin pompa air, bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Kemampuan manajemen dalam mengakomodasi kebutuhan para pengguna inilah yang tampaknya menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk-produk kendaraan pemadam kebakaran produksi PT New Sentosa International. Tidak mengherankan apabila para pengguna di berbagai negara memesan kembali produk kendaraan pemadam kebakaran kepada perusahaan yang sama

dikutip dari : Tabloid KINA edisi 3-2010
Website Perusahaan : PT New Sentosa

0 Response to "Merambah Pasar Global dengan Truk Pemadam Kebakaran"

Posting Komentar

Thanks for your visiting in my blog. I hope you can make comment.

Diberdayakan oleh Blogger.