15 Persen Terumbu Karang Dunia Ada di Indonesia


JAKARTA | SEBANYAK 15 persen dari keseluruhan terumbu karang di dunia tercatat berada di Indonesia. Namun sayangnya, terumbu karang yang berada di laut Indonesia juga telah mengalami kerusakan hingga 31,5 persen. Untuk itu diperlukan upaya rehabiltasi dan pengelolaan guna melestarikan terumbu karang di Tanah Air.

Menurut Kepala Pusat Kepala Pusat Oceanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Zainal Arifin, upaya pelestarian tersebut bisa dilakukan dengan menanam tanaman mangrove.



”Pelestarian atau mengantisipasi terumbu karang dari kerusakan bisa melalui rehabilitasi pantai misal dengan penanaman atau pembentukan hutan mangrove. Hal itu bermanfaat untuk mengurangi tekanan terhadap ekosistem terumbu karang,” ujar Zaenal dalam diskusi Forum Komunikasi Masyarakat Pencinta Terumbu Karang (Forkom Matabuka) di Jakarta,Kamis (24/11).

Zaenal memaparkan, salah satu pemicu rusaknya ekosistem terumbu karang disebabkan oleh adanya sedimentasi dari darat. Namun dengan adanya ekosistem yang terbentuk oleh tanaman mangrove maka sedimentasi itu akan tertahan.

”Kita juga memprediksi pelestarian juga perlu lewat upaya pengurangan karbon dan unsur unsur gas-gas rumah kaca karena dampaknya sangat buruk terhadap ekosistem terumbu karang dan kemungkinan bisa hilangkan beberapa spesies,” katanya.

Sumber : Jurnas

0 Response to "15 Persen Terumbu Karang Dunia Ada di Indonesia"

Posting Komentar

Thanks for your visiting in my blog. I hope you can make comment.

Diberdayakan oleh Blogger.