Telkom-Pertamina Kerja Sama Gunakan Pendingin Ramah Lingkungan

 
JAKARTAPT Pertamina (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sepakat memanfaatkan produk ramah lingkungan dan hemat energi sebagai salah satu bentuk sinergi kedua perusahaan menuju green company.

Telkom akan menggunakan MUSIcool, pendingin hidrokarbon produksi Pertamina. MUSIcool dimanfaatkan di seluruh wilayah kerja Telkom.

“Penggunaan alat ini bisa menghemat biaya listrik perusahaan BUMN telekomunikasi itu hingga 20 persen,” kata Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) M. Harun, Kamis.

Kerja sama dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang ditandatangani Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan dan Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Kantor Pusat Pertamina.

MoU ini juga memungkinkan kerja sama bisnis lainnya di antara dua BUMN dengan saling memanfaatkan produk kedua pihak. Dengan MoU ini akan mendongkrak keuntungan kedua pihak dan sinergi antar-BUMN dapat terwujud.

Operation Vice President Public Relations Telkom Agina Siti Fatmah menambahkan MUSIcool akan digunakan untuk mendinginkan gedung dan alat produksi Telkom. “Agar perangkat dan infrastruktur telekomunikasi bekerja optimal diperlukan suhu yang tetap dingin, yaitu sekitar 22-24 derajat Celcius,” kata Agina.

Berdasarkan survei, komponen terbesar beban listrik operator telekomunikasi 73 persen sites (perangkat infrastruktur), 46 persen di antaranya untuk pendingin ruangan (AC). Beban biaya listrik Telkom untuk operasional alat pendingin meningkat seiring kebijakan kenaikan tarif dasar listrik.

“Potensi penghematan daya listrik bila menggunakan pendingin hidrokarbon cukup besar yakni mencapai 15-20 persen,” kata Agina, dalam rilis yang diterima redaksi.

Sumber : JURNAS

0 Response to "Telkom-Pertamina Kerja Sama Gunakan Pendingin Ramah Lingkungan"

Posting Komentar

Thanks for your visiting in my blog. I hope you can make comment.

Diberdayakan oleh Blogger.