Perawatan Jakabaring Sport Centre Rp5 Miliar Per Bulan


Palembang | MESKI gelaran SEA Games 2011 belum lagi usai, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) mengaku sudah mulai menyiapkan rencana pemeliharaan Jakabaring Sport Centre (JSC) ke depan. Hal tersebut tak lepas dari cukup mahalnya biaya perawatan bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 325 hektare tersebut.

Per bulan saja, proses perawatan JSC diperkirakan menelan dana sekitar Rp4 miliar sampai Rp5 miliar. “Kami sangat
serius dalam mengerjakan JSC, termasuk juga perawatan ke depan. Kalau untuk (biaya) pembangunan saja yang butuh Rp2,2 triliun lebih, sekitar Rp1,6 triliun kami dapat dari pihak ketiga, seperti hibah, CSR dan lain-lain. Nah kalau pembiayaan ke depan kira-kira kebutuhannya sekitar Rp4 miliar sampai Rp5 miliar per bulan,” ujar Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, dalam keterangan resminya, Senin (14/11). Biaya perawatan setinggi itu, menurut Alex, masih dalam kerangka proposal dan sedang terus ditekan dalam rangka efisiensi dana.

Untuk menutupi dana perawatan tersebut, Alex menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa program jangka panjang. Salah satunya adalah dengan menjadikan JSC sebagai Sport University. “Masterplan sih sudah ada sedari dulu sebelum JSC dibangun. Pembangunan sarana tambahan juga terus berlangsung. Rencananya kami akan dirikan Sport University. Diperkirakan 2013 sudah bisa menerima mahasiswa baru,” tutur Alex.

Dengan dimanfaatkan sebagai Sport University, diharapkan pemasukan untuk biaya perawatan JSC bisa lebih pasti dan berkesinambungan. Selain itu, keberadaan Sport University diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan keolahragaan nasional.

Sumber : JURNAS

0 Response to "Perawatan Jakabaring Sport Centre Rp5 Miliar Per Bulan"

Posting Komentar

Thanks for your visiting in my blog. I hope you can make comment.

Diberdayakan oleh Blogger.